• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

13 Juli 2012

STUDI LAPANG HIMASEP 2012

Posted by Agribisnis On 01.00

HIMASEP melakukan studi ke UKM Sampoerna di Pandaan. Mahasiswa diperkenalkan dengan salah satu bentuk pengabdian masyarakat oleh PT. Sampoerna berupa menyediakan unit kegiatan yang bergerak di bidang pertanian. Di tempat ini disediakan fasilitas dan tenaga ahli untuk mendamping dan membina masyarakat setempat maupun umum di bidang pertanian. Secara khusus UKM seluas ± 10 ha ini menjadi contoh tentang Sistem Pertanian Terpadu sehingga pemanfaatan dari residu pertanian dioptimalkan demi memajukan kegiatan pertanian itu sendiri. Pasca penyampaian dari narasumber terkait aktivitas-aktivitas di UKM Sampoerna mahasiswa pun diberikan kesempatan berkeliling untuk survei sambil berdiskusi bersama pihak pengelola UKM ke beberapa lokasi di antaranya, Green House, Unit Paronisasi Sapi, Unit Pembuatan Bio Gas dari Feses dan Urin Sapi, Unit Pembuatan Pupuk Organik, Unit Percobaan Benih, Laboratorium Rekayasa Genetika, Unit Perikanan Air Tawar dan Unit Peternakan Kambing Peranakan Etawa.  Menarik bahwa, UKM membuka ruang bagi mahasiswa Agribisnis Universitas Tribhuwana Tunggadewi yang mau melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ataupun Penelitian untuk penyusunan skripsi. 

2 Juli 2012

Seminar Nasional Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (Biofeul dan Biogas) sebagai Bahan Bakar Alternatif dalam rangka Menjaga Ketahanan Energi Nasional

Posted by Agribisnis On 14.00

            Seminar dengan tema “Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (Biofeul dan Biogas) sebagai Bahan Bakar Alternatif dalam rangka Menjaga Ketahanan Energi Nasional” diselenggarakan oleh tiga program tudi yakni, Agribisnis, Manajemen dan Agrteknologi. Kegiatan ini menanggapi Peraturan Menteri ESDM No. 32 Tahun 2008 tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofeul dan Biogas) sebagai bahan bakar lain/alternatif. Ada tiga pemateri pula yang menyampaikan materi di antaranya, Dr. Subandi, Msi. Pakar Bioteknologi yang banyak membahas tentang perlunya Energi Baru dan Terbarukan. Para peserta juga diajak agar mengenal dan memahami Kebijakan Energi dan Lingkungan oleh Dr. Retno Gumilang yang menjabat Kepala Pusat Kebijakan Keenergian. Pada materi ketigaDr. Ir. Imam Santoso, MP Pakar Teknologi Idustri membuka wawasan peserta akan Industri Proses dan Pengolahan Limbah.

Audiens yang adalah mahasiswa, dosen dan beberapa dari kalangan umum tersebut diajak mengupas permasalahan seputar kelangkaan bahan bakar, memikirkan pemanfaatannya untuk generasi ke depan dan mencari solusi-solusi alternatif penggunaan bahan bakar nabati atau yang disebut Biofeul dan Biogas. Seminar yang diadakan di Gedung Olahraga Universitas Tribhuwana Tunggadewi tersebut merupaka suatu ajakan bagi generasi muda untuk memikirkan suatu inovasi alternatif menanggapi kelangkaan bahan bakar yang kian marak diwacanakan.